PDF XXI UKM FOKUS UNRAM


Seperti tahun-tahun sebelumnya, FOKUS UNRAM menyelenggarakan kegiatan yang dinamakan dengan Pelatihan Dasar Fotografi (PDF). Tahun ini PDF yang dilaksanakan telah memasuki angkatan ke 21. Seperti tujuannya yaitu untuk merekrut anggota baru, para calon anggota akan diberikan materi dasar tentang fotografi dan videografi sebagai pengenalan awal tentang bidang yang akan mereka geluti nantinya.

Tema dari kegiatan ini adalah ARTITUDE, yang berasal dari dua kata yaitu Art dan Attitude. Art berarti seni dan Attitude berarti sikap. Jika digabungkan, tema ini dapat diartikan sebagai Seni dalam bersikap untuk mencipatakan suatu karya. Entah dalam bidang fotografi, design graphis atau pun multimedia.
Penerimaan anggota baru dilaksanakan dari akhir bulan Maret lalu. Jumlah peserta yang mengambil formulir pendaftaran sebanyak 56 orang. Namun pada perjalanannya calon anggota yang mengikuti pelatihan dasar fotografi hingga kegiatan outdoor hanya 50 orang. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan yang telah kami lakukan adalah pada tanggal 15 Maret 2018 pelaksanaan Technical Metting yang membahas tentang gambaran umum pelaksanaan Pelatihan Dasar Fotografi UKM FOKUS UNRAM, selanjutnya pada tanggal 19 sampai 21 Maret 2018 pelaksanaan kegiatan Indoor yang berisikan tentang pemberian materi perihal Dasar dasar fotografi dan juga videography. Untuk pematerinya sendiri berasal dari anggota tua dan alumni UKM FOKUS UNRAM.








Setelah melewati proses kegiatan indoor, para peserta Pelatihan Dasar Fotografi ini kemudian harus mengikuti kegiatan Outdoor selama 3 hari 2 malam di Desa Prian, Lombok Timur, Kec. , Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 23 sampai 25 Maret 2018. Sebelum berangkat ke lokasi kegiatan perkemahan, ada kegiatan pelepasan dari pihak Rektorat Universitas Mataram yang diwakilkan oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.
Disini para peserta melakukan kegiatan camping atau kemah untuk mempererat rasa persaudaraan dan juga untuk mengimplementasikan apa saja materi materi yang telah di dapatkan selama kegiatan indoor. Salah satunya  dengan melakukan hunting on the spot yang tentunya juga didampingi dengan LO-LO yang telah ditentukan oleh panitia. Selama perjalanan hunting mereka dibina dan mengambil gambar apa saja yang mereka pahami tentang dasar dasar fotografi.

Setelah melakukan hunting on the spot, para peserta kemudian mengumpulkan photo photo hasil bidikan mereka ke Panitia yang bertanggung jawab untuk di bedah selanjutnya. Pada saat proses pembedahan foto foto peserta di nilai untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang telah diberikan.

Hari selanjutnya adalah hari pengukuhan para peserta Pelatihan Dasar Fotografi Ukm Fokus Unram menjadi Anggota Muda. Anggota muda adalah tingkatan keanggotan yang paling dasar dalam Ukm Fokus Unram. Pada saat kegiatan ini banyak tamu undangan, alumni dan juga anggota inti beserta pengurus atau panitia berkumpul untuk menyaksikan prosesi pengukuhan mereka.
Pada saat peserta dipanggil namanya, mereka akan maju dan mencium bendera Merah Putih beserta Bendera FOKUS untuk menghargai hal tersebut. Kemudian akan diberikan pin kegiatan sebagi bentuk penanda mereka telah dianggkat secara simbolis
 



Kemudian setelah kegiatan ini, peserta melakukan salam salaman dengan seluruh tamu undangan, alumni dan anggota inti beserta panitia. Selanjutnya dilakukannya foto bersama.


Setelah kegiatan tersebut kami mengadakan acara ramah tamah dengan Anggota muda, alumni, anggota tua,  anggota inti dan panitia. Pada kegiatan ini, para anggota muda yang baru diangkat memperkenalkan diri lagi dan menyampaikan pesan dan kesan yang mereka alami selama mengikuti kegiatan ini. Yang kemudian di lanjutkan dengan makan makan bersama sebelum kembali ke kampus Universitas Mataram. 

Komentar

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RITUAL MAULID ADAT SEMOKAN

Bukit Anak Dara, Sembalun, Lombok Timur

Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia ke- XI -Jember punya cerita part II-