HIGH SPEED PHOTOGRAPHY UKM FOKUS UNRAM


06 November 2012 tepatnya pukul 20.00 Wita di Aula PKM UNRAM – Kota Mataram, teman-teman Fotografi Kampus Universitas Mataram lagi-lagi membuat gebrakan baru dalam waktu 1 (satu) malam mempersiapkan Hunting Foto High Speed yang lumayan mendadak dan Alhamdulillah-nya Hunting Foto 1 (satu) malam kali ini berjalan sesuai rencana walaupun dilapangan terjadi beberapa kendala tapi bagi anak FOKUS UNRAM tidak ada yang tidak mungkin dalam menjalankan aktivitasnya selama itu masih bisa diatasi asalkan ada sedikit niat dan sedikit pula kemauan dari dalam diri, maka semua bisa terwujud. 

Salam Fotografi…!!

Untuk sesi pemotretan kali ini kami mencoba untuk foto High Speed yang dimana High Speed atau lebih dikenal dengan HSP (High Speed Photography) merupakan salah satu cabang Fotografi yang lumayan mahal tetapi juga memiliki keunikan tersendiri. Di cabang Fotografi ini sendiri menampilkan kesan unit dalam pengambilan gambarnya yaitu mengambil sebuah objek yang bisa diatur secara sengaja maupun tidak sengaja tetapi sangat langka bisa terjadi. Efek yang akan ditonjolkan yaitu efek diam (beku) dalam sebuah gambar yang dimana pengambilannya menggunakan speed renda dibawah 1/1 detik tetapi akan menghasilkan gambar dengan efek yang beku (Freez) atau sama hasilnya dengan kecepatan S-1/6000. Pasti teman-teman akan heran dan kaget kenapa bisa seperti itu karena pengerjaannya akan dibantu juga dengan pencahayaan tambahan dengan menggunakan Flash/Kilat yang secara otomatis telah di setting dan akan mengenai objek secara langsung dengan menggunakan bantuan sensor bisa berupa sensor suara, cahaya dan gerak dari suatu objek tertentu.

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk hunting kami kali ini yaitu berupa :
-          Kamera
-          Tripod
-          Flash Eksternal
-          Triger
-          Batere
-          Sensor atau bisa juga diakalin
-          Senapan angin
-          Bola lampu
-          Botol apa saja
-          Stand Flash
-          Cok Roll
-          Meja (TableTop)
-          Isolasi
-          Dll

Pengerjaannya membutuhkan kesabaran yang begitu besar karena tidak heran apabila akan mengasilkan sebuah hasil yang kurang memuaskan dan kantong yang akan kosong. 

Atur Exposure time dengan kecepatan 3.2 Sec dengan bukaan f/7.1 – 8.0 dan ISO disesuaikan juga dengan jarak pengambilan gambar serta kepekaan cahaya yang akan mengenai obyek secara langsung mulai dari ISO-400 h- 600 sehingga nanti akan menghasilkan sebuah gambar mirip dengan menggunakan kecepatan S 1/6000.

Langah pertama yang dilakukan apabila semua alat dan bahan telah di setting:
  1. Cek kembali kecepatan Flash yang akan mengenai obyek secara langsung..
  2. Atur Komposisi dan Angel yang sewajrnya saja sesuai dengan perkiraan.
  3. Baiknya menggunakan manual fokus untuk memfokuskan obyek yang akan diambil karena dalam sesi pengambilannya nanti, ruangan akan dimatikan dan tidak sulit lagi untuk memfokuskannya kembali dengan auto karena sebelumnya settingan manual telah dikunci.
  4. Lalu, pada saat semua lampu ruangan sudah dimatikan. Cek kembali respon flash yang telah diatur dengan menggunakan sensor suara. Contohnya dengan menepuk tangan dan cara lainnya. 
  5.  Apabila semua sudah bekerja sesuai rencana. Maka arahkan senapan angin ke arah obyek yang telah disediakan. Dan hasilnya bisa dilihat dibawah ini. ^_^

Untuk hunting kami kali ini banyak membutuhkan banyak tenaga yang diantaranya ada tenaga teknisi langsung dari Mas Joniar, mas Ilhamuddin. Mas Ady Cool, mas Otoel, mas johan, mas Enol, mas chimink, mas joan, mas putri, mas ahmad, mas imam, mas jihad, mba amir dan masih banyak lagi mas-mas yang tidak bisa disebutkan karena merasa malu. And tidak lupa juga mas satpam yang senantiasa menjadi penonton setia untuk kali ini. Hee,,

Dibawah ini adalah beberapa sepenggal dokumentasi dari kami serta hasil Foto yang dapat di share ke teman-teman semua.. ^_^








Untuk saran serta masukan kali ini:
  1. Sebelum Motret, harus dan persiapan Konsep.
  2. Jangan lupa untuk ngecek perlengkapan seperti Batere dan bahan-bahan lainnya
  3. Jangan lupa juga untuk persiapin lensa yang pas untuk motret High Speed
  4. Selalu berlatih dan mencoba.
  5. Tidak lupa juga memiliki kamera sendiri karena sedikit tidak akan menimbulkan rasa iri hati antara sesama. Hee,,
  6. Jangan galau, karena akan mempengaruhi Mud saat motret.
  7. Dan terakhir yaitu salam persaudaraan. Karena selama bersaudara, kita akan terlihat kompak dalam segala hal. Terima kasih

Sekian dari kami, mohon maaf apabila terlalu konyol atau sedikit ngelantur.
#Salam Persaudaraan
#Salam Yoman
# Salam Fotografi…. FOKUS !!!! (Jo_S07)

Komentar

  1. wuiih,keren..:D
    berapa speednya tuh kak?? :D

    BalasHapus
  2. Tinggi dah pokoknya... maen2 k fokus ayoq biar bisa belajar bareng... ^^

    BalasHapus
  3. gk pa2 nie aku main ke fokus??
    tpi aku gk punya kamera kak.

    BalasHapus
  4. amazing.... perlu bljr bnyak kykx ney

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RITUAL MAULID ADAT SEMOKAN

Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia ke- XI -Jember punya cerita part II-

FOKUS Pertama Kali Camping di Wisata Alam Gunung Jae