Air Terjun Kerta Gangga Lombok Utara

Bersama teman-teman UKM FOKUS UNRAM
Lombok Utara memang kaya akan tempat-tempat wisata. Salah satunya adalah Air Terjun Gangga yang terkenal dengan sebutan Gangga Waterfall. Air terjun ini terletak di antara dua dusun yaitu Dusun Gangga dan Dusun Kerta Raharja, Desa Genggelang, Kabupaten Lombok Utara (KLU). Air Terjun Gangga ini memiliki struktur dua tingkatan dengan tiga lokasi air terjun, dua diantaranya berada di bagian paling atas dan satu lagi berada di bawah. Sayang perjalanan kali ini, kami tidak sempat mengunjungi lokasi air terjun di bagian bawah.

Bersama-sama teman dari UKM FOKUS UNRAM, kami mengunjungi lokasi Air Terjun Gangga. Dari Kota Mataram menuju lokasi kami menggunakan sepeda motor dan sampai ke lokasi sekitar 1,5 jam kemudian. Memasuki Dusun Gangga tanah yang kami lalui cukup berdebu sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara, maklum saat itu adalah musim panas. Tak lupa sekali-kali kami berhenti untuk sekedar memetik jambu monyet yang banyak bertebaran di pinggir jalan. Airnya yang asam-asam manis itu ternyata mampu membasahi tenggorokan kami yang haus.

Sesampainya di lokasi kami membayar tiket masuk, enam motor Rp 10.000,- ditambah biaya parkir Rp. 1000,-/motor. Kemudian kami mulai berjalan sekitar 500 meter menuju lokasi air terjun. Saat itu musim panas dan debit air terjun tidak sebanyak saat musim hujan. Beberapa area yang kami lalui pun dihiasi dengan rumput kuning dan debu. Akan tetapi, ratusan hektar area sawah yang hijau sudah cukup menggambarkan betapa indahnya lokasi ini. 
Pemandangan dari atas air terjun
Sesampainya di lokasi air terjun, kami disuguhkan dengan panorama yang luar biasa indahnya seperti bukit dan pegunungan, tebing-tebing curam, dan panorama ratusan hektar sawah di bawah kami. Semua keindahan alam itu tersaji begitu rapi dan sangat alami.
 
Air Terjun Gangga
Jembatan menuju air terjun kedua

Air Terjun Gangga (Berjarak sekitar 20 meter dari yang pertama)

Mandi dan Segar
Itulah sekelumit tentang perjalanan kami kali ini. Pesan kami buat teman-teman yang ingin berwisata ke Air Terjun Gangga agar tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kelestarian daerah pariwisata kita.

Source : http://kelilinglombok.blogspot.com/2011/09/air-terjun-kerta-gangga.html

Komentar

  1. Wah,,asyik asyik !!
    sy engk sabar nungu kuliah ni,,mw ikut fotografi kampus !

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RITUAL MAULID ADAT SEMOKAN

Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia ke- XI -Jember punya cerita part II-

FOKUS Pertama Kali Camping di Wisata Alam Gunung Jae