TAHUN BARU 2017 UKM FOKUS DI SEMBALUN

Tulisan Oleh: Windah Sri Wahyuningsih (Anggota Muda 2016)

Sore ini, pada pukul 16:25 di tengah ruang tamu, aku mulai untuk kembali menulis. Sudah lama rasanya tidak menceritakan banyak hal. Sementara, peristiwa demi peristiwa telah banyak ku lalui. Aku sudah resmi menjadi anggota muda ukm ternama di kampus ku. Ukm ini bergerak dalam bidang fotografi. Untuk lebih lanjutnya tentang ukm ini, nanti akan ku ceritakan di lain waktu.

Tahun mulai berganti, ku kira akan sama rasanya tahun ini dengan sebelumnya. Tapi, hal lain terjadi. Untuk pertama kali, aku merayakan tahun baru di dataran tinggi. Yapp, sensasinya? Cool. Dan, hal ini berkaitan dengan ukm yang aku ikuti. For the first time, I felt like flying to the sky. Saking senengnya.. kalian akan merasakan hal yang sama ketika berada di posisi ku. Secara, ini hal baru.

Bagaimana mata ini tidak hentinya memandang hamparan bukit, gugusan gunung, dan luasnya perkebunan yang penuh dengan tanaman subur. Oh, iya langit terasa lebih dekat lo. Percaya deh..

Memasuki daerah ini kalian akan disambut dengan jalanan yang penuh dengan tanjakan dan turunan. Siap-siap aja kendaraan, dan tentunya nyali. Bagi yang biasa dengan hal itu, harap maklumi tulisan ini. Yang nulis baru merasakan.
Kami berangkat dari PKM, tempat biasa kami kumpul bersama. Kami pergi sehari sebelum tahun baru, dan akan merayakan pergatian malam tahun baru disana. Waktu saat itu menunjukkan pukul 15:20 kalau ga salah sih. Ga sempet liat jam, maafkan.

Untuk perbekalan kami selama satu malam, kami membawa dua ekor bebek hidup, ikan nila hidup, dan sayur mayur serta beras untuk dimasak sendiri. Semuanya masih fresh. Kami semua berangkat menggunakan sepeda motor. Sebelum itu, salah satu dari kami memimpin doa agar selamat sampai tujuan.
Dan, petualangan pun dimulai. Setiap orang terlihat sangat antusias. Raut wajah mereka menandakan ketidaksabaran akan semua hal yang akan mereka dapatkan nanti. Perjalanan memakan waktu kurang lebih dua jam dari kota Mataram.

Di awal perjalanan, kalian akan melewati padatnya kota dengan bangunan-bangunan besar di sekelilingnya. Cuaca cukup cerah, namun berawan. Setidaknya belum ada tanda-tanda akan hujan. Hal itu membuat kami sedikit tenang melajukan kendaraan kami.

Keluar dari Lombok Barat, kami memasuki daerah Lombok Tengah. Persawahan luas serta para petani yang sedang panen banyak terlihat. Tambak ikan, pasar tradisional serta mobil truck yang mengangkut muatan berlebih juga tak luput dari pandangan.

Sembalun adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa yang kami tempati berada di lereng Gunung Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia,  dan dikelilingi oleh perbukitan. Waktu menunjukkan pukul 17:35 senja mulai nampak. Warnanya jingga, keunguan.  Sungguh anugrah Tuhan yang patut disyukuri.

Kami sampai dengan selamat,  setelah sempat kebingungan mencari lokasi penginapan yang awalnya sudah kami pesan. Satu senyum kebahagiaan melepas rasa lelah, saat melihat taburan bintang yang sungguh luar biasa.

Tepat di depan villa ini, terdapat bukit yang namanya bukit pergasingan. Malam itu, kami dapat melihat jelas para pendaki dengan senter yang menyala-nyala menuju puncak. Untuk santapan malam, kami para wanita menuju dapur umum. Semetara yang lain membuat perapian, untuk menghangatkan badan. Kami dapat merasakan setiap sendi tubuh menggigil dengan suhu dingin di ketinggian lebih dari 1100 meter di atas permukaan laut.

Malam pergantian tahun sudah semakin dekat. Kurang lima menit dari pukul dua belas, kami bersiap di halaman villa. Petasan siap di ledakkan untuk menandakan awal tahun hampir tiba.

Dan, finally… suara petasan bergantian terdengar, kami tak mau kalah. Begitu pun kembang api yang berasal dari pendaki yang berada di puncak pergasingan. Suaranya terdengar begitu riuh.

Awal tahun telah tiba, malam itu kami saling bersalaman mengucapkan selamat tahun baru. Ada yang mengabadikannya dengan foto bersama, bercanda tawa, saling merangkul, dan ada pula yang terlihat diam terharu. Setiap dari kami pasti mempunyai banyak hal yang tak bisa terlupakan begitu saja di tahun 2016, mengakhiri tahun itu bukan berarti melupakan setiap kenangan dan peristiwa yang sudah terjadi.

Begitupun dengan ku. Berada di sana, dengan orang-orang yang tak pernah ku kenal sebelumnya. Kapan pun mimpi terasa jauh, berada bersama mereka membuatku yakin jika setiap mimpi kan ku gapai.

Akhir indah dari pergantian tahun yang sempurna……