PAMERAN AKBAR UKM FOKUS UNRAM 2016 "DINESIA"



Salam Fotografi.. !!!! FOKUS…..!!!!! 

UKM Fotografi Kampus Universitas Mataram adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta fotografi yang dibentuk oleh Nanang Wirawan,SE  khususnya untuk mahasiswa/i Universitas Mataram. Sejak berdiri tanggal 10 Juni 1995, UKM Fotografi Kampus Universitas Mataram yang biasa disingkat UKM FOKUS UNRAM sudah memiliki 19 angkatan yang merupakan satu-satunya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bergerak dibidang fotografi dalam lingkup Universitas di Nusa Tenggara Barat. Berbagai kegiatan Pelatihan, Seminar, Workshop hingga Pameran Fotografi merupakan agenda rutin yang diadakan UKM FOKUS UNRAM pada setiap tahunnya.

Kali ini, UKM FOKUS UNRAM kembali menggelar Pameran Foto Akbar bertema "DINESIA" yang merupakan singkatan dari "Menjadi Indonesia". Tema ini  mengenai segala momen atau potret kehidupan dan keindahan Indonesia baik dari sisi positif maupun negatif khususnya di wilayah NTB. Dimana yang kita ketahui saat ini merupakan suatu wilayah dengan potensi wisata yang tinggi dan perkembangan ekonomi yang pesat. Seiring dengan potensi dan perkembangan tersebut serta dampak era modernisasi, karya-karya fotografi dalam pameran ini sekiranya mampu menyampaikan pesan tersurat maupun tersirat tentang Indonesia dalam ruang lingkup NTB yang sudah mengalami banyak fenomena penurunan kualitas khusunya Generasi Muda seperti penurunan etika, moral, modernisasi budaya, potret pendidikan bahkan kehidupan sosial yang kurang diperhatikan oleh pemerintah. Oleh karena hal tersebut, konten foto yang dipamerkan kali ini mencoba bergerak di bidang fotografi jurnalistik, dimana peminat untuk bidang fotografi ini dirasa masih kurang, sehingga sangat perlu untuk dikembangkan khususnya untuk wilayah NTB.


Melalui sebuah foto, para fotografer menuangkan ide, kreatifitas, penyampaikan pesan dan nilai-nilai keindahan seni visual serta mampu memperlihatkan dan memperkenalkan Sosial dan Budaya di NTB . Foto-foto yang dipamerkan kali ini terlebih dulu melewati tahap Hunting Bersama yang dilakukan selama sebulan penuh di berbagai tempat dan hasil dari tahapan tersebut dikurasi oleh Ivan Mardiansyah (Lombok Post) dan Ahmad Johari Efendi (10 Nominator Terbaik Lomba Foto Piala Presiden Tahun 2012).

Pelaksanaan Pameran Akbar UKM FOKUS UNRAM 2016 ini diadakan pada tanggal 28 September s/d 1 Oktober 2016 di 3 Lokasi berbeda, yaitu  Gedung Arena Budaya Unram, Halaman Magister Manajemen dan Portal Fakultas Pertanian Unram. Pameran ini digelar dengan total jumlah Pameris sebanyak 22 orang dari angkatan ke-12 hingga ke-19 yang mampu menghasilkan karya mencapai 65 karya foto.

Pameran Foto Akbar kali ini dirangkaikan dengan sejumlah Workshop yang dihadiri oleh Pelajar, Mahasiswa dan Kalangan Umum. Untuk kalangan mahasiswa, Workshop tersebut dihadiri oleh perwakilan LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) se-Universitas Mataram dan LPM yang berasal dari berbagai Universitas di NTB baik Negeri maupun Swasta. Tidak hanya itu, Pameran ini juga dihadiri oleh perwakilan dari WKM Telefikom Fotografi Universitas Prof. Dr. Moestopo Jakarta yang berkesempatan untuk ikut menghadiri seluruh rangkaian Pameran Akbar kali ini. Selain dari kalangan Mahasiswa, komunitas-komunitas fotografi baik dari Kalangan Umum maupun Kalangan Pelajar ikut serta dalam Workshop tersebut.
Para Peserta Workshop menyaksikan Pameran Karya disela acara
Pada hari Rabu, 28 September 2016 bertempat di Gedung Arena Budaya. digelar Workshop yang membahas “HKI (Hak Cipta Fotografi)” oleh Pak Imran,SH (Staf Kementerian Hukum dan Ham (KEMENEKUMHAM) kanwil NTB bagian Pelayanan Hukum). Setelah itu,  Pada hari Kamis, 29 September 2016 digelar Workshop tentang ”Fotografi Jurnalistik” oleh Fathurrahman (Redaktur Lombok Post) dan Workshop tentang “Videografi Jurnalistik” oleh Hamdani (Reporter NET.TV).
Penyampaian Materi Workshop tentang HKI "Hak Cipta Fotografi"
Diskusi atau Tanya Jawab mengenai materi yang telah disampaikan
Penyampaian Materi Workshop tentang Fotografi Jurnalistik
Penyampaian Materi Workshop tentang Videografi Jurnalistik
Foto Bersama para Peserta, Pemateri dan Panitia Pelaksana
Persiapan Pameran Karya Fotografi
Pada hari Jumat, 30 September 2016 dilanjutkan dengan Pameran Foto yang dilaksanakan di Halaman Magister Manajemen (Kampus Lama Unram) dan pada hari Sabtu, 01 Oktober 2016 berlanjut di Kawasan Portal Fakultas Pertanian. Pemilihan lokasi ini bertujuan untuk melihat animo mahasiswa dalam bidang khususnya fotografi dan jurnalistik serta mampu menjaring minat mahasiswa dalam berorganisasi khususnya di UKM FOKUS UNRAM sebagai wadah pembelajaran dan pengembangan bakat mahasiswa.
Pengunjung yang sedang menikmati Karya Fotografi yang dipamerkan di Halaman Magister Manajemen dan Diploma III Universitas Mataram
Pengunjung yang sedang menikmati Karya Fotografi yang dipamerkan di Halaman Magister Manajemen dan Diploma III Universitas Mataram

Pengunjung yang sedang menikmati Karya Fotografi yang dipamerkan di Portal Fakultas Pertanian Universitas Mataram
Novian Surya Abdi selaku Ketua pelaksana Pameran Akbar UKM FOKUS UNRAM 2016 yang biasa disapa Novian, menyebutkan bahwa jumlah pengunjung Pameran mencapai 200 orang yang didominasi oleh mahasiswa dan diikuti oleh kalangan pelajar dan umum. Tujuan utama dari pameran ini adalah untuk mengembangkan karya para anggota, di dalam maupun di luar lingkungan Universitas Mataram, serta memperkenalkan eksistensi UKM FOKUS UNRAM secara tidak langsung kepada masyarakat dan pengunjung. Selain itu, Dia (Novian) berharap melalui tema dan konten Pameran Foto Akbar kali ini, mampu memberikan kesadaran kepada Mahasiswa maupun Anggota UKM FOKUS UNRAM untuk selalu mengadakan kegiatan yang positif serta mampu mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian terhadap masyarakat melalui penyampaian informasi kepada khalayak umum tentang pentingnya kepedulian para pemuda terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat di  Indonesia tegas Novian. 

Maka dari itu, Marilah wahai para Generasi Muda Indonesia, berhentilah menjadi orang yang apatis terhadap situasi negeri ini. Sudah saat nya kita bersama membangun Indonesia menjadi Negara yang lebih bermartabat dan bermoral Pancasila. Mari kita bersama wujudkan generasi-generasi bangsa yang kreatif, bermoral, beretika dan generasi yang berkualitas serta memiliki semangat membara layaknya pahlawan yang bertempur di medan perang untuk membangun kesejahteraan dan kemerdekaan sejati di Tanah Air Indonesia.
Hidup Mahasiswa….!!!!!!!

Komentar

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RITUAL MAULID ADAT SEMOKAN

Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia ke- XI -Jember punya cerita part II-

FOKUS Pertama Kali Camping di Wisata Alam Gunung Jae