JAMBORE FOTOGRAFI MAHASISWA INDONESIA V LOMBOK


Suatu kebanggan bagi FOKUS UNRAM terpilih sebagai tuan rumah JFMI V, yang ditentukan di Surabaya pada Jambore sembelumnya. Kamipun dari FOKUS tidak menyia-nyiakan moment ini dan berusaha semaksimal mugkin untuk memberikan yang terbaik bagi kawan-kawan peminat fotografi di seluruh Indonesia.




Kegiatan JFMI V kali ini kami beri tema "Explore The Beauty Of Lombok" yang bertempat di Taman Budaya NTB. Peserta yang berjumlah lebih dari 300 orang kami tempatkan di sana.




Setelah persiapan selama kurang lebih enam bulan, kamipun memutuskan untuk menyelenggarakan Jambore pada tanggal 20-24 September 2012 dengan konsep yang sejalan dengan tujuan jambore itu sendiri yaitu untuk menjalin silaturahmi antar komunitas fotografi di kalangan mahsiswa di seluruh Indonesia dan mempertahankan eksistensi fotografi di kalangan mahasiswa. Adapun konsep yang kami jalankan dalam kegiatan JFMI V selaku tuan rumah yaitu Lomba Foto, Pengenalan Budaya Lombok, Hunting Budaya, Pameran Foto, dan Live Music.


Lomba foto kali ini kami disponsori oleh pihak Badan Narkotika Nasional dengan tema "Semangat Tanpa Narkoba". Untuk pengenalan budaya Lombok, kami rangkaikan setelah acara pembukaan JFMI V di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar UNRAM yang disampaikan oleh seorang budayawan dari Lombok yaitu Bapak Yamin.




Adapun hunting budaya kami laksanakan di Dusun Desa Beleq, Gumantar, Kabupaten Lombok Utara. Di sana peserta kami ajak berkemah sekaligus mengenalkan budaya-budaya Lombok yaitu Gendang Beleq, Presean, Pembacaan Lontar, dan Begibung bersama masyarakat Desa Beleq. Usai acara di Gumantar, pesertapun sempat kami ajak mampir di Pantai Malimbu.


Selain hunting budaya, para pesertapun kami manjakan dengan pemandangan eksotis Tanjung Aan yang ada di Pantai Kuta Lombok Selatan, dimana selain menikmati pemandangan di sana kamipun menyediakan Konsep untuk hunting berupa Gendang Beleq dan Presean.



Setelah semua rangkaian acara tersebut kami lakukan, tibalah saatnya Penutupan pada hari terakhir yang dirangkaikan dengan pengumuman pemenang Lomba Foto,  Pameran Foto, penampilan tari-tarian daerah yaitu Tari Gandrung oleh teman-teman FOKUS sendiri, dan ditutup langsung oleh Gubernur NTB atau pejabat yang mewakili.



Sebagai kesan akhir yang kami tawarkan pada peserta JFMI V Pulau Lombok, malam harinya kami adakan malam puncak dengan acara Live Music yang diisi oleh bintang tamu sekaliber Ari Juliyant dan Amtenar.




Alhamdulillah, acara JFMI V Pulau Lombok kali ini berlangsung dengan sangat sukses yang dapat dilihat dari antusias peserta dan rona wajah mereka yang menunjukkan kepuasan dan tanpa penyesalan mengikuti kegiatan ini.


Akhirnya, kepuasan lahir batin yang kami tawarkan ketika pemilihan tuan rumah di Surabaya dapat kami laksanakan dengan baik dan kami sangat berterimakasih atas bantuan dan dukungan dari pihak-pihak yang selama ini turut membantu dan mensukseskan acara ini.

Salam Fotografi...!!!

Komentar

  1. Keren gan boleh minta saran tempat manakah yg wajib di kunjungi saat di pulau Lombok.??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RITUAL MAULID ADAT SEMOKAN

Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia ke- XI -Jember punya cerita part II-

FOKUS Pertama Kali Camping di Wisata Alam Gunung Jae